Hemat Anggaran, Pembangunan Gedung Pemerintah Dibatasi di 2012

Hemat Anggaran, Pembangunan Gedung Pemerintah Dibatasi di 2012 Jakarta - Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran negara, pembangunan gedung pemerintahan akan dibatasi ketat mulai tahun 2012. Demikian isi kajian 'Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2012' terbitan Kementerian Keuangan yang dikutip detikFinance, Senin (23/5/2011). Pemerintah bakal melakukan pembatasan kegiatan, terutama pembangunan gedung yang tidak terkait langsung dengan tugas dan fungsi kementerian/lembaga (K/L) dan bersifat mendesak, demikian hasil kajian Kemenkeu itu. Selain itu, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja negara, ada sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah. Kebijakan itu adalah optimalisasi penyerapan anggaran belanja K/L dengan diikuti upaya
Jakarta - Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran negara, pembangunan gedung pemerintahan akan dibatasi ketat mulai tahun 2012. Demikian isi kajian 'Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2012' terbitan Kementerian Keuangan yang dikutip detikFinance, Senin (23/5/2011). "Pemerintah bakal melakukan pembatasan kegiatan, terutama pembangunan gedung yang tidak terkait langsung dengan tugas dan fungsi kementerian/lembaga (K/L) dan bersifat mendesak," demikian hasil kajian Kemenkeu itu. Selain itu, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja negara, ada sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah. Kebijakan itu adalah optimalisasi penyerapan anggaran belanja K/L dengan diikuti upaya: Perbaikan penyusunan perencanaan anggaran dan percepatan pelaksanaan anggaran K/L Penyelesaian proses penyusunan anggaran tepat waktu dan disiplin, baik dalam pembahasan interen pemerintah maupun dengan DPR Percepatan dan penyederhanaan proses pelaksanaan administrasi anggaran Memanfaatkan mekanisme e-procurement dalam pengadaan barang dan jasa Perbaikan pola penyerapan anggaran yang lebih proporsional. Kemudian di 2012, pemerintah juga berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran belanja modal untuk perbaikan dan peningkatan sarana infratruktur. ( dnl/qom)
loading gif

Hemat Anggaran, Pembangunan Gedung Pemerintah Dibatasi di 2012

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran negara, pembangunan gedung pemerintahan akan dibatasi ketat mulai tahun 2012.

Demikian isi kajian ‘Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2012’ terbitan Kementerian Keuangan yang dikutip detikFinance, Senin (23/5/2011).

“Pemerintah bakal melakukan pembatasan kegiatan, terutama pembangunan gedung yang tidak terkait langsung dengan tugas dan fungsi kementerian/lembaga (K/L) dan bersifat mendesak,” demikian hasil kajian Kemenkeu itu.

Selain itu, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja negara, ada sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah. Kebijakan itu adalah optimalisasi penyerapan anggaran belanja K/L dengan diikuti upaya:

Perbaikan penyusunan perencanaan anggaran dan percepatan pelaksanaan anggaran K/L
Penyelesaian proses penyusunan anggaran tepat waktu dan disiplin, baik dalam pembahasan interen pemerintah maupun dengan DPR
Percepatan dan penyederhanaan proses pelaksanaan administrasi anggaran
Memanfaatkan mekanisme e-procurement dalam pengadaan barang dan jasa
Perbaikan pola penyerapan anggaran yang lebih proporsional.

Kemudian di 2012, pemerintah juga berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran belanja modal untuk perbaikan dan peningkatan sarana infratruktur.

(dnl/qom)