Siap-siap! 10 Kota Baru akan Dibangun

Siap-siap! 10 Kota Baru akan Dibangun Jakarta - Pemerintah bersama para pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) menyiapkan 10 kota baru yang segera dibangun. Pembangunan kota baru ini sebagai jawaban untuk mengurangi tingginya populasi kota-kota besar di Indonesia. Ketua Umum REI Setyo Maharso mengatakan kota-kota baru ini akan menjadi kota mandiri yang terpisah dari kota-kota utama. Dalam jangka panjang dari 10 kota baru yang sedang dirancang, masih ada 10 kota baru lainnya yang akan menyusul sehingga totalnya 20 kota baru. Kita akan bikin 10 kota baru di 10 provinsi, kata Setyo, Senin (13/6/2011) Menurut Setyo, kota-kota baru yang akan diusulkan REI itu antaralain berada di 10 Provinsi yaitu kita Sumatera Utara, Riau, Palembang, Banten-DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan...
Jakarta - Pemerintah bersama para pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) menyiapkan 10 kota baru yang segera dibangun. Pembangunan kota baru ini sebagai jawaban untuk mengurangi tingginya populasi kota-kota besar di Indonesia. Ketua Umum REI Setyo Maharso mengatakan kota-kota baru ini akan menjadi kota mandiri yang terpisah dari kota-kota utama. Dalam jangka panjang dari 10 kota baru yang sedang dirancang, masih ada 10 kota baru lainnya yang akan menyusul sehingga totalnya 20 kota baru. "Kita akan bikin 10 kota baru di 10 provinsi," kata Setyo, Senin (13/6/2011) Menurut Setyo, kota-kota baru yang akan diusulkan REI itu antaralain berada di 10 Provinsi yaitu kita Sumatera Utara, Riau, Palembang, Banten-DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. Dikatakannya masalah tingginya populasi di berbagai kota di Indonesia perlu segera diatasi. Ia mencontohkan, populasi di kota-kota Provinsi Riau mengalami pertumbuhan 4,5% padahal secara rata-rata nasional hanya 2,1%. "Sekarang ini kota di Indonesia, masih belum ada yang mandiri, sekarang masih bersifat sub urban seperti BSD (Bumi Serpong Damai), itu setengah belum ada industri, orang-orangnya juga masih ada yang kerja di Jakarta," katanya. Setyo menuturkan dibangunnya kota-kota baru yang mandiri itu juga akan membuat kota-kota di Indonesia bisa lebih tertata dengan rapih. Ia menghitung rata-rata luas kota baru tersebut mencapai 3000-6000 hektar. Misalnya saja kota baru yang tengah serius dibangun adalah Kota Maja yang berjarak 82 Km dari Jakarta. "Makanya akan ada tandatangan (REI) dengan Kementerian Perumahan Rakyat, khususnya soal tata ruangnya," katanya. Sebelumnya Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah membutuhkan dana Rp 150 triliun untuk membangun kota baru Maja, Banten yang menyediakan perumahan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Kota baru Maja akan digarap oleh Perum Perumnas bekerjasama dengan Metallurgical Corporation of China Ltd (MCC). Proyek Kota Mandiri Maja berlokasi di Lebak, Banten akan menempati lahan seluas 11.000 hektar. Proyek ini baru akan digarap oleh Perumnas pada tahun 2014. Hal ini dikarenakan proyek itu membutuhkan tenaga kerja yang besar hingga 650.000 orang. ( hen/dnl) kota baru, perumahan dijual, rumah dijual, tanah dijual, ruko dijual, apartement dijual, rukan dijual, real estate, house loan, kpr, kredit, bank, apartemen, apartment, cluster
loading gif

Siap-siap! 10 Kota Baru akan Dibangun

Jakarta – Pemerintah bersama para pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) menyiapkan 10 kota baru yang segera dibangun. Pembangunan kota baru ini sebagai jawaban untuk mengurangi tingginya populasi kota-kota besar di Indonesia.

Ketua Umum REI Setyo Maharso mengatakan kota-kota baru ini akan menjadi kota mandiri yang terpisah dari kota-kota utama. Dalam jangka panjang dari 10 kota baru yang sedang dirancang, masih ada 10 kota baru lainnya yang akan menyusul sehingga totalnya 20 kota baru.

“Kita akan bikin 10 kota baru di 10 provinsi,” kata Setyo, Senin (13/6/2011)

Menurut Setyo, kota-kota baru yang akan diusulkan REI itu antaralain berada di 10 Provinsi yaitu kita Sumatera Utara, Riau, Palembang, Banten-DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

Dikatakannya masalah tingginya populasi di berbagai kota di Indonesia perlu segera diatasi. Ia mencontohkan, populasi di kota-kota Provinsi Riau mengalami pertumbuhan 4,5% padahal secara rata-rata nasional hanya 2,1%.

“Sekarang ini kota di Indonesia, masih belum ada yang mandiri, sekarang masih bersifat sub urban seperti BSD (Bumi Serpong Damai), itu setengah belum ada industri, orang-orangnya juga masih ada yang kerja di Jakarta,” katanya.

Setyo menuturkan dibangunnya kota-kota baru yang mandiri itu juga akan membuat kota-kota di Indonesia bisa lebih tertata dengan rapih. Ia menghitung rata-rata luas kota baru tersebut mencapai 3000-6000 hektar. Misalnya saja kota baru yang tengah serius dibangun adalah Kota Maja yang berjarak 82 Km dari Jakarta.

“Makanya akan ada tandatangan (REI) dengan Kementerian Perumahan Rakyat, khususnya soal tata ruangnya,” katanya.

Sebelumnya Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah membutuhkan dana Rp 150 triliun untuk membangun kota baru Maja, Banten yang menyediakan perumahan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Kota baru Maja akan digarap oleh Perum Perumnas bekerjasama dengan Metallurgical Corporation of China Ltd (MCC).

Proyek Kota Mandiri Maja berlokasi di Lebak, Banten akan menempati lahan seluas 11.000 hektar. Proyek ini baru akan digarap oleh Perumnas pada tahun 2014. Hal ini dikarenakan proyek itu membutuhkan tenaga kerja yang besar hingga 650.000 orang.

(hen/dnl)